Minggu, 03 Juli 2011

POLITEKNIK TUAL

Politeknik adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan profesional pada bidang pengetahuan khusus. Peserta didik pendidikan tinggi Politeknik diorientasikan pada penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menekankan praktikum di laboratorium/bengkel/lapangan. Pendidikan Tinggi Politeknik diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta didik menjadi teknisi Ahli Madia (Amd.) dan Sarjana Sains Terapan (S.ST) yang memiliki keahlian terapan, terampil, mandiri, dan bertanggung jawab.
Politeknik Perikanan Negeri Tual dalam perkembangannya berdiri sejak tahun 1997 dengan nama Akademi Larwul Ngabal, hingga pada tahun 2004 melalui proses penegerian dan merubah nama menjadi Politeknik Perikanan Negeri Tual sesuai SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor 109/O/2004 tanggal 18 Agustu 2004 dengan jenjang pendidikan Diploma III, yang terdiri atas 1 Jurusan yakni Jurusan Teknologi Hasil Perikanan dan 4 Program Studi yakni :
1.      Teknologi Hasil Perikanan
2.      Teknologi Budidaya Perikanan
3.      Teknologi Penangkapan Ikan
4.      Agribisnis Perikanan
Secara geografis, kedudukan Politeknik Perikanan Negeri Tual yang berada pada 2 daerah pemerintahan yakni Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual yang ada dalam gugusan kepualaun Kei. Keberadaan perguruan tinggi negeri ini dapat menjawab rentang kendali akan kebutuhan pendidikan bagi masyarakat Maluku khususnya pada wilayah Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Kabupaten Maluku Barat Daya.
Gugusan kepulauan pada bagian tenggara Maluku berada sangat strategis pada bentangan laut dalam dan laut dangkal yang sangat luas (Laut Banda dan Laut Arafura), sehingga tidak mengherankan jika potensi sumberdaya laut yang dimilki sangat besar. Maka sektor perikanan ini menjadi ujung tombak perkembangan pembangunan. Dalam mengekploitasi sumber saya laut tersebut, masih memerlukan tenaga-tenaga yang trampil di bidang perikanan, yang mampu mengelola kakayaan laut tersebut agar dapat menjawab kebutuhan pembangunan yang pada gilirannya dapat mensejahterahkan masyarakat khususnya, dan menciptakan pemerataan pembangunan di kawasan timur Indonesia pada umumnya.
Olehnya itu Politeknik Perikanan Negeri Tual sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang ada di darah dan merupakan satu-satunya perguruan tinggi pertama yang berorientasi di sektor perikanan, diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan pembangunan perikanan, khususnya dalam mempersiapkan tenaga-tenaga handal di bidang perikanan yang mampu menjawab tantangan pembangunan wilayah timur Indonesia.
Dengan keberadaan Politeknik Perikanan Negeri Tual saat ini, sangat memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan sektor perikanan di Maluku Tenggara pada umumnya. Olehnya itu dalam penyelenggaraan program pendidikan yang ada, Politeknik Perikanan Neger Tual mulai membenah diri dengan pengutan kurikulum dan pembukaan program baru yang memiliki keahlian terapan di bidang perikanan sebagai sektor andalan pembangunan daerah.
Menyikapi hal tersebut, Politeknik Perikanan Negeri Tual akan membuka beberapa program studi baru pada jenjang pendidikan Diploma IV diantaranya :
1.      Teknologi Kelauatan
2.      Bioteknologi Perikanan
3.      Agrowisata Bahari
4.      Manajemen Rekayasa Budidaya Laut                                               
5.      Manajemen Rekayasa Perikanan Tangkap                           
6.      Manajemen Rekayasa Pengolahan Hasil Perikanan Laut     
Sebagai institusi pendidikan tinggi, harus memiliki pengembangan program yang lebih komprehensif dalam rangka perbaikan dan peningkatan program pendidikan. Perencanaan dan pengembangan program dilakukan berdasarkan hasil evaluasi program yang merupakan sumber informasi yang difungsikan untuk mengembangkan program studi dalam mengakomodasikan kemajuan teknologi dan gobalisasi. Konsep program pendidikan profesional didasarkan atas kebutuhan tenaga kerja di dunia industri dimana perencanaan ketenagakerjaan tidak dapat dipisahkan dari tingkat pendidikan, termasuk pendidikan tinggi. Kebutuhan pasar kerja dan tingkat pendidikan harus dirancang secara terintegrasi dengan memperhatikan tujuan dan sasaran dunia kerja.
Oleh karena itu, masyarakat kepulauan Kei memerlukan tenaga-tenaga yang terampil di bidang perikanan untuk membantu masyarakat mengelola dan memanfaatkan sumber daya laut yang dimiliki sebagai implementasi tri darma perguruan tinggi.

ASPEK KEMANFAATAN DAN KEUNGGULAN
Politeknik Perikanan Negeri Tual adalah Lembaga pendidikan tinggi yang menyiapkan peserta didik menjadi manusia yang produktif yang dapat langsung bekerja di bidang kelautan dan perikanan setelah melalui pendidikan berbasis kompetensi. Dengan demikian, pembukaan program studi baru diselaraskan dengan perubahan pasar kerja. Penyiapan manusia untuk bekerja bukan berarti menganggap manusia semata-mata sebagai faktor produksi karena pembangunan ekonomi memerlukan kesadaran sebagai warganegara yang baik dan bertanggung jawab, sekaligus sebagai warganegara yang produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar